AIR TERJUN COBANRONDO

Air terjun ini terletak di desa Pandesari kecamatan Pujan, Malang. Kawasan ini didominasi wisatawan remaja, yaitu rombongan kelas, PA atau hanya kelompok kecil biasa. Kolamnya dangkal banget! Jadi kalian nggak akan bisa renang, paling Cuma ciprat-cipratan air saja. Di sini juga ada camp-site buat kalian yang mau kemah. Berbagai fasilitas seperti hotel, WC, dan musholla juga ada. Dan seperti biasa, ada banyak penjual jagung bakar. Sudut favorit di sini adalah tebing yang memperlihatkan kawasan kota Malang dari atas. Sering sekali terlihat para remaja seperti kita foto-foto dengan berbagai pose aneh atau hanya duduk bergerombol sambil menikmati jagung bakarnya di situ. Daerah ini juga nggak terlalu dingin. Oh ya, di sini ada legendanya lho! Katanya, batu besar di bawah air terjun adalah tempat duduk Dewi Anjarawati menunggu suaminya pulang. Padahal suaminya sudah mati. Makanya namanya jadi Cobanrondo.

Dipublikasi di Pengetahuan | Tag | Meninggalkan komentar

Agdam



Agdam (bahasa AzerbaijanAğdambahasa ArmeniaԱղդամ Aghdam) adalah rayon di Azerbaijan barat daya, dan memiliki ibukota dengan nama yang sama, yang kini merupakan kota hantu. Karena permasalahan tentang daerah Nagorno-Karabakh, daerah ini kini dikuasai Armeniasejak Juli 1993. Kebanyakan pengungsi Agdam hidup di kemah daerah Barda dan Sumgait. Sekitar setengah rayon ini kini dikuasai pasukanArmenia.

 

Kota ini merupakan salah satu kota besar yang populasi penduduknya mencapai 150.000 orang. Namun, hilang setelah tahun 1993 sepanjang perang Nagorno Karabakh. Walaupun kota ini tidak secara langsung menjadi basis peperangan, namun kota ini tetap mendapatkan efek dari perang tersebut, dengan menjadi korban dari sikap para Armenians yang merusak kota tersebut, dengan menjadi korban dari sikap para Armenians yang merusak kota tersebut. Bangunan-bangunan dirusak dan akhirnya ditinggalkan penghuninya, hanya menyisakan masjid-masjid yang masih utuh berdiri. Penduduk Agdam sendiri sudah berpindah ke area lain, seperti ke Iran.

Dipublikasi di Pengetahuan | Tag | Meninggalkan komentar

10 November 1945

Peristiwa 10 November 1945 merupakan peristiwa sejarah perang antara Indonesia dan Belanda.

Tanggal 15 September 1945, tentara Inggris mendarat di Jakarta, kemudian mendarat di Surabaya pada 25 Oktober. Tentara Inggris didatangkan ke Indonesia atas keputusan dan atas nama sekutu, membawa misi mengembalikan Indonesia kepada pemerintah Belanda sebagai jajahannya. NICA (Netherlands Indies Civil Administration) pun membonceng. Itulah yang meledakkan kemarahan rakyat Indonesia di mana-mana.

Di Surabaya, dikibarkannya bendera Belanda, Merah-Putih-Biru, di Hotel Yamato, telah melahirkan Insiden Tunjangan, yang menyulut berkobarnya bentrokan-bentrokan bersenjata antara pasukan Inggris dengan badan-badan perjuangan yang dibentuk oleh rakyat pada 30 Oktober.

Setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, penggantinya (Mayor Jenderal Mansergh) mengeluarkan ultimatum bagi para pejuang dan rakyat umumnya bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat angan di atas. Batas ultimatum adalah jam 06.00 pagi tanggal 10 November 1945.

Ultimatum tersebut ditolak oleh Indonesia. Sebab, Republik Indonesia waktu itu sudah berdiri (walaupun baru saja diproklamasikan).

Pada 10 November 1945 pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengarahkan sekitar 30.000 serdadu, 50 pesawat terbang, dan sejumlah besar kapal perang.

Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laud an darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk.

Para tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari kalangan ulama’ serta kiyai-kiyai pondok Jawa, serta kiyai-kiyai pesantren lainnya mengerahkan santri-santri mereka dan masyarakat umum juga ada pelopor muda seperti Bung Tomo dan lainnya, sehingga perlawanan itu bisa bertahan lama. Perlawanan rakyat yang pada awalnya dilakukan secara spontan dan tidak berkoordinasi, makin hari makin teratur. Pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh di tangan pihak Inggris.

Peristiwa berdarah di Surabaya ketika itu juga elah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Pahlawan.

Dipublikasi di Pengetahuan | Tag | Meninggalkan komentar

7 FAKTA MENARIK TENTANG ANGGOTA TUBUH KITA

1.  Tulang Paha Bisa Nahan Beban Sebuah Sedan, Masa Sih?

Tulang paha lebih kuat dari pada tongkat baja yang beratnya sama dengan paha tapi enggak berongga. Enggak percaya? Hal ini pernah dibuktikan dengan hasil percobaan yang menunjukkan bahwa tulang paha mampu menahan berat sebuah sedan?!

2.  Percaya atau enggak system peredaran kita punya rute sepanjang hampir 50.000 kolometer yang sama dengan 1 kali keliling bumi. Lho! Ih waaw!

3.  Bisa Enggak Bunuh Diri Dengan Berhenti Napas?

Jawabannya “enggak”. Enggak bakal bisa seseorang bunuh diri dengan cara berhenti bernafas atau menymbat hidungnya. Soalnya, kegiatan pernapasan itu berjalan secara otomatis. And seorang yang berusaha menahan napas akan otomatis menarik napas kalo kadar CO2 dalam darah udah mulai numpuk. Jadi, kalo mau bunuh diri cari cara yang lebih efisien, mudah, dan cepat, ok!

4.  Udah Tau Belum Kalo Kita Punya Catatan Medis yang Kita Bawa Kemana-mana???

Pasti, enggak!! Catatan medis yang kita bawa kemana-mana adalah rambut kita. Percaya enggak, bertahun-tahun yang lalu seorang ahli sejarah bersama beberapa ahli kimia busa mengungkapkan kematian Kaisar Napoleon Bonaparte yang sebelumnya diketahui si Kaisar meninggal gara-ara sakit. Api, ahli sejarah tadi nemuin beberapa kejanggalan yang dialami Kaisar tahun-tahun terakhir di tempat pembuangan. At least, atas dasar kecurigaan dan hasil riset sehelai rambut Kaisar mereka bisa menunjukkan bahwa Kaisar Napoleon Bonaparte meninggal gara-gara diracuni lataran aksi balas dendam. Dari penelusuruan, hasil karya ahli sejarah tersebut dijuluki “karya detektif terbesar abad XX”

5.  Percaya, Enggak Kalo Gigi Kita Punya Keunggulanyang Enggak Dipunyai Organ Lain di Tubuh Kita?

gigi kita punya umur yang puuaanjang banget. Although, udah terkubur selama ribuan tahun, gigi pasti masih dalam keadaan utuh. Enggak percaya? Semua mummi di Mesir yang udah terkubur bertahun-tahun ternyata jumlah giginya utuh dan masih seeprti bentuk semula, lho!

6. Cewek Punya Jakun?

Ngomong-ngomong masalah jakun ternyata kaum hawa juga punya. Tapi, ada dua alasan kenapa enggak menonjol kayak jakun cowok. Pertama, soal jakun cowok emang lebih besar dari punya cewek biar cowok bisa ngeluarin suara besar. Kedua, rata-rata leher cewek ada lemak yang lebih banyak daripada punya cowok jadi jakunnya enggak keliatan, deh?!?!

7. Kenapa Orang Meninggal Kukunya Panjang?

Sebenernya, kukunya orang yang udah meninggal bakal tumbuh ladi Cuma karena orang yang udah meninggal tangannya dan tubuhnya membususk jadi kuku bagian dalam jadi keluar dan keliatannya bertambah panjang… Gitu ceritanya.

Dipublikasi di Pengetahuan | Tag | 1 Komentar

5 Fakta Seputar Tulang

Fakta 1

Secara total terdapat 206 tulang dalam tubuh kita. Tulang Paha adalah tulang yang terbesar dalam tubuh kita. Sedangkan tulang Sanggurdi adalah tulang yang terkecil dalam tubuh kita.

Fakta 2

Tulang Anda Tidak Statis

Banyak orang berpikir bahwa tulang mereka tidak berubah dan permanen. Sebenarnya tulang kita merupakan jaringan hidup yang secara berkala (konstan) mengalami pembongkaran dan beregenerasi. Hal ini yang disebut remodeling tulang. Faktanya, tulang kita mengalami regenerasi total setiap 7 sampai 10 tahun. Jadi usia tulang Anda lebih muda daripada usia Anda!

Fakta 3

Anda Pikir Tulang Anda Kuat?

Tulang yang ada dalam tubuh kita terdiri dari dua lapisan. Lapisan luar yang kuat dari lapisan dalam yang lemah. Pengeroposan tulang seringkali tidak disadari karena terjadi jauh dalam tulang.

Lapisan luar yang kuat adalah tulang cortical, sering juga disebut tulang padat, yang membentuk suatu lapisan yang melindungi sekitar tulang. Bersifat padat dank eras membentuk hampir 80% dari total massa kerangka.

Inti bagian dalam yang lemah, juga disebut tulang spons. Tulang trabecular ini seperti rumah lebah dan merupakan bagian utama yang membentuk struktur tulang bagian dalam. Lebih keropos, kurang padat dan lebih lemah daripada tulang cortical memiliki metabolism tinggi sehingga membuatnya lebih mudah patah atau hancur.

Fakta 4

Anda Kehilangan Massa Tulang Anda Setiap Hari

Massa tulang mencapai massa puncaknya pada sekitar usia 30 tahun, yaitu ketika proses penghancuran tulang (yang dilakukan oleh sel osteoclas) mulai terjadi lebih cepat dari proses pembentukan tulang (yang dilakukan oleh sel osteoblas). Setelah bertahun-tahun tulang kita menjadi lebih tipis dan rapuh. Hal ini berarti terjadi pengurangan kepadatan dari massa tulang secara bertahap. Jika tidak diketahui, kondisi ini dapat mengakibatkan osteoporosis.

Fakta 5

Apa itu Osteoporosis?

Osteoporosis (penyakit keropos tulang) adalah penyakit yang menyebabkan tulang Anda menjadi lemah, rapuh, dan mudah patah. Kadang juga disebut Silet Disease, penyakit yang menyerang secara diam-diam, osteoporosis sering menyerang tanpa tanda-tanda (hingga terjadinya patah tulang). Terjadinya patah tulang pada punggung (tulang belakang), panggul, dan pergelangan tangan biasanya merupakan tanda awal terjadinya osteoporosis.

Dipublikasi di Pengetahuan | Tag | Meninggalkan komentar

Ular Berbisa

Suatu hari ada anak ular yang bertanya pada ibunya

Anak      : Bu, apakah kita termasuk ular berbisa?

Ibu         : Oh, bukan memang kenapa?

Anak      : Soalnya tadi lidahku tidak sengaja digigit.

Ibu         : Ha?!?!?!?!?!!?!?!?

Dipublikasi di Humor | Tag | Meninggalkan komentar

Tebak-tebakan Garink

Mawar merah mengering. Selamat membaca ampe garing…

T   : Apa ada ayam berkokok pagi-pagi?

J    : Tidak ada! Ayam berkokok kukuruyuk!

T    : Kenapa ayam kalo berkokok matanya merem?

J     : Karena udah hapal teksnya.

T    : Kenapa meja bagian bawahnya selalu kasar, tidak sehalus bagian atasnya?

J    : Karena bagian bawah meja banyak upil yang udah kering

T   : Kenapa Supermen bisa terbang?

J    : Kalau bisa nyopir namanya bukan superman, tapi sopir….man…!!!

T    : Kenapa anak kucing dan anak anjing suka berantem?

J    : Namanya juga anak-anak!

T    : BMW apanya yang mahal?

J    : W-nya, soalnya kalo’ diganti X jadi murah

T   : Kenapa Batman lambangnya bukan B?

J    : Karena udah di pakai ama Bobo!!!

T   : Kenapa Superman bajunya make huruf S?

J    : Kalau Makenya XL ntar gak keker…!

T   : Kenapa merk sepeda motor buatan Jepang          YAMAHA?

J    : Kalo buatan Arab YA MAHMUD!!!

Dipublikasi di Humor | Tag | Meninggalkan komentar