Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak di perbatasan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Propinsi Jawa Tengah, kurang lebih 17 km ke arah timur dari kota Yogyakarta atau kurang lebih 53 km sebelah barat Solo. Komplek Percandian Prambanan ini masuk ke dalam 2 wilayah yakni komplek bagian barat masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan bagian timur masuk wilayah Propinsi Jawa Tengah. Gugusan candi ini dinamakan Prambanan karena terletak di daerah Prambanan. Candi Prambanan adalah kelompok percandian Hindu yang dibangun oleh raja-raja Dinasti Sanjaya pada abad IX. Komplek percandian Prambanan terdiri atas latar bawah, latar tengah dan latar atas. Berturut-turut luasnya: 390 meter persegi,222 meter persegi dan 110 meter persegi. Latar bawah tak berisi apapun. Di dalam latar tengah terdapat reruntuhan candi-candi Perwara. Apabila seluruhnya telah selesai dipugar, maka akan ada 224 buah candi yang ukurannya semua sama yaitu luas dasar 6 meter persegi dan tingginya 14 meter. Latar pusat adalah latar terpenting di atasnya berdiri 16 buah candi besar dan candi kecil. Candi-candi utama terdiri atas 2 deret yang saling berhadapan. Deret pertama yaitu candi Siwa, candi Wisnu dan candi Brahma. Deret kedua yaitu candi Nandi, candi Angsa.

 

1 Candi Siwa

Candi dengan luas dasar 34 meter persegi dan tinggi 47 meter adalah yang terbesar dan terpenting. Dinamai Candi Siwa Karena di dalamnya ter- dapat arca SIWA MAHADEWA yang merupakan arca terbesar. Bangunan ini di bagi atas 3 bagian secara vertikal kaki, tubuh, dan kepala/atap, kaki candi menggambarkan ”dunia bawah” tempat manusia yang masih diliputi hawa nafsu, tubuh candi menggambarkan” dunia tengah” tempat manusia yang telah meninggalkan keduniawian dan atap melukiskan ”dunia atas” tempat para dewa.


2 Candi Brahma

Luas dasarnya 20 meter persegi dan tingginya 37 meter. Di dalam satu -satunya ruangan yang ada berdirinya arca Brahma yang berkepala 4 dan berlengan 4. salah satu tangannya memegang tasbih yang satunya memegang ”kamandalu”tampat air. Keempat wajahnya menggambarkan keempat kitab suci Weda. Keempat lengannya menggambarkan arah mata angin. Tasbih menggambarkan waktu.


Tentang taoefiq27

I'm only usual man
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s