Aurora

Aurora cemerlang penuh warna, indah penuh pesona. Siluet indah ini muncul setelah atmosfer Bumi yang mengandung banyak unsure menglamai tubrukan.

Umumnya Cahaya Kutub yang sering ditemui berwarna hijau kekuningan, ini disebabkan olehabgian pertikela yang membawa energy berbenturan dengan molekul oksigen yang hanya berjarak 20 km dari permukaan bumi. Nitrogen akan memancarkan cahaya merah. Karena itu, orang-orang baru dapat melihat garis cahaya merah, biru, hijau, dan  ungu yang berselang-seling menyelimuti angkasa. Bahkan aurora yang indah cemerlang memperlihatkan bentuk yang selalu berubah. Ada yang berbentuk tirai, busur, sinar, pita, dan berbagai macam bentuk lainnya.

Munculnya aurora harus memiliki dua prasyarat, pertama suhu harus rendah, kedua cuaca harus cerah. Sejumlah besar negara di dunia juga kerap ampak aurora, di antaranya termasuk Norwegia, Rusia, Finalndia, Kanada bagian Utara dan Alaska, AS, dan dll.Di Ft. Mc. Murray, Kanada dan White Haouse selain relative murah, merupakan tempat pemandanganterbaik aurora, waktunya adalah setiap tahun pada Oktober dan April tahun berikutnya.

Mungkin pertanyaan selanjutnya adalah apakah mungkin aurora muncul di khatulistiwa? Well, muncul sudah pasti tidak mungkin karena selain khatulistiwa tidak memiliki prasyarat itu, letak medan magnet Bumi adalah di kutub. Hal ini menyebabkan partikel Matahari lebih senang/tertarik pada daerah kutub daripada daerah khatulistiwa.

Walaupun kita tidak dapat melihat aurora dari tanah air, kita tetap bisa menyaksikannya secara tidak langsung lewat internet atau media lainnya. Atau bagi kalian yang kaya, ada kemauan untuk menikmati aurora di kuttub? Semua keindahan aurora merupakan salah satu bukti kebesaran Tuhan.

Tentang taoefiq27

I'm only usual man
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s