5 Fakta Seputar Tulang

Fakta 1

Secara total terdapat 206 tulang dalam tubuh kita. Tulang Paha adalah tulang yang terbesar dalam tubuh kita. Sedangkan tulang Sanggurdi adalah tulang yang terkecil dalam tubuh kita.

Fakta 2

Tulang Anda Tidak Statis

Banyak orang berpikir bahwa tulang mereka tidak berubah dan permanen. Sebenarnya tulang kita merupakan jaringan hidup yang secara berkala (konstan) mengalami pembongkaran dan beregenerasi. Hal ini yang disebut remodeling tulang. Faktanya, tulang kita mengalami regenerasi total setiap 7 sampai 10 tahun. Jadi usia tulang Anda lebih muda daripada usia Anda!

Fakta 3

Anda Pikir Tulang Anda Kuat?

Tulang yang ada dalam tubuh kita terdiri dari dua lapisan. Lapisan luar yang kuat dari lapisan dalam yang lemah. Pengeroposan tulang seringkali tidak disadari karena terjadi jauh dalam tulang.

Lapisan luar yang kuat adalah tulang cortical, sering juga disebut tulang padat, yang membentuk suatu lapisan yang melindungi sekitar tulang. Bersifat padat dank eras membentuk hampir 80% dari total massa kerangka.

Inti bagian dalam yang lemah, juga disebut tulang spons. Tulang trabecular ini seperti rumah lebah dan merupakan bagian utama yang membentuk struktur tulang bagian dalam. Lebih keropos, kurang padat dan lebih lemah daripada tulang cortical memiliki metabolism tinggi sehingga membuatnya lebih mudah patah atau hancur.

Fakta 4

Anda Kehilangan Massa Tulang Anda Setiap Hari

Massa tulang mencapai massa puncaknya pada sekitar usia 30 tahun, yaitu ketika proses penghancuran tulang (yang dilakukan oleh sel osteoclas) mulai terjadi lebih cepat dari proses pembentukan tulang (yang dilakukan oleh sel osteoblas). Setelah bertahun-tahun tulang kita menjadi lebih tipis dan rapuh. Hal ini berarti terjadi pengurangan kepadatan dari massa tulang secara bertahap. Jika tidak diketahui, kondisi ini dapat mengakibatkan osteoporosis.

Fakta 5

Apa itu Osteoporosis?

Osteoporosis (penyakit keropos tulang) adalah penyakit yang menyebabkan tulang Anda menjadi lemah, rapuh, dan mudah patah. Kadang juga disebut Silet Disease, penyakit yang menyerang secara diam-diam, osteoporosis sering menyerang tanpa tanda-tanda (hingga terjadinya patah tulang). Terjadinya patah tulang pada punggung (tulang belakang), panggul, dan pergelangan tangan biasanya merupakan tanda awal terjadinya osteoporosis.

Tentang taoefiq27

I'm only usual man
Pos ini dipublikasikan di Pengetahuan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s