Letusan Merapi Tiga Jam Belum Berhenti

Menjelang petang, aktivitas Gunung Merapi semakin meningkat. Sudah tiga jam Merapi meletus tanpa henti. Wilayah radius 15 kilometer dari puncak Merapi direkomendasikan untuk benar-benar disterilkan.

“Sampai saat ini letusan belum berhenti sejak pukul 16.04 WIB,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Doktor Surono dalam perbincangan di tvOne, Rabu, 3 November 2010.

Menurut Surono, letusan Merapi yang disertai awan panas itu tidak terlihat secara visual karena sudah gelap gulita, ditambah cuaca hujan.

“Seluruh awan panas terbesar, tidak bisa dilihat,” kata doktor geofisika lulusan Savoel University, Chambery, Prancis ini.

Letusan petang menjelang malam ini berbeda dengan yang terjadi pada pukul 11.00 hingga petang tadi. Letusan sempat mereda, tetapi jeda hanya berlangsung sejenak.

“Letusan ini sudah ke segala arah. Maka itu saya perintahkan semuanya untuk mundur sampai sejauh 15 kilometer,” ujar Surono.

Letusan Merapi pada 26 Oktober yang menewaskan 39 orang itu menghantam Desa Kinahrejo, tempat juru kunci Merapi Mbah Maridjan. Desa Mbah Maridjan sendiri berada sekitar 4 sampai 5 kilometer dari puncak Merapi.

“Jangkauan awan panas ini sekitar 9 kilometer. Lebih panjang dari letusan pertama yang sekitar 7,5 kilometer,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta Subandrio

Tentang taoefiq27

I'm only usual man
Pos ini dipublikasikan di Gunung, Gunung Merapi dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s