LAPORAN BENTUK POLA UMUM SIDIK JARI

Sidik jari tiap-tiap orang berbeda satu sama lain. Sehingga dapat digunakan sebagai metode pengidentifikasian yang akurat. Bentuk sidik jari yang berbeda-beda itu ada kaitannya dengan siswa yang berprestasi.
Begitulah simpulan penelitian Ekaputri Z, siswi MTsN 1 Malang, Jawa Timur. Ekaputri Z adalah salah satu finalis yang lolos ke Tingkat Nasional dari kota Malang dalam penelitian ilmiah tahun 2005. Penelitian tersebut dilakukan di kota Malang yang bertujuan untuk mengungkap apakah ada kaitannya antara bentuk sidik jari secara umum pada siswa yang berprestasi.
Ekaputri Z mengambil sampel sebanyak 381 siswa berprestasi akademik di kota Malang sebagai responden untuk penelitian ini. Jumlah tersebut terdiri atas 127 siswa yang diambil sampel ibu jari, 127 siswa yang diambil sampel jari tengah, dan 127 siswa yang diambil sampel jari manis. Penelitian ini hanya dilakukan dengan pengumpulan data yang kemudian diolah secara kuantitatif.

Sidik jari merupakan suatu kesan yang dibuat oleh jari manusia. Sidik jari merupakan bukti materi yang amat penting untuk mengungkap identitas seseorang, karena tidak ada sidik jari yang identik di dunia ini sekalipun di antara dua saudara kembar. Dan karena itu, sidik jari dapat digunakan sebagai metode pengidentifikasian yang akurat. Manusia memiliki kecerdasan. Kecerdasan manusia yang satu dengan manusia yang lainnya mungkin berbeda. Orang yang cerdas, juga sama seperti manusia yang lainnya, hanya saja mereka unggul dalam kecerdasannya. Dan mereka juga memiliki sidik jari. Sidik jari dapat dikelompokkan dalam tiga golongan utama, yaitu: loop, arch, dan whorl.
Anak yang mempunyai sidik jari jenis whorl memiliki sifat ingin tahu, puas dengan alasan, ketika setuju dan percaya dia akan melakukan sedikit atau setahap pekerjaan saja, berorientasi pada tujuan, dianggap keras kepala, serta cenderung menciptakan sistem mereka sendiri.
Adapun pemilik sidik jari jenis loop memiliki sifat sangat patuh dan peka terhadap orang lain, suka belajar dengan menyalin atau meniru, mudah dipengaruhi oleh lingkungan, cepat akrab dengan orang lain, ramah, kooperatif, cenderung mengikuti sistem, pola pemikiran yang terbalik, model pemikiran yang tidak umum, menggunakan salah satu kepentingan sebagai pedoman ketika melakukan pekerjaan (bukan semata-mata logis atau alasan praktis), sangat setia kepada teman, cara mengekspresikan diri lebih unik, dan sulit mengungkapkan cinta dalam hatinya.
Yang bersidik jari jenis loop cenderung memiliki Pemilik sidik yang jenis arch dikenal sebagai genius print, di mana potensi yang mereka miliki tidak terbatas. Dalam hal belajar, jika ada hal yang dipelajari, hal tersebut dipelajari hingga dipahami. Namun mereka juga lebih terpengaruh oleh emosi, lebih konservatif, tidak menyukai perubahan, dan protektif.
Dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa sidik jari loop lebih mendominasi pola umum sidik jari siswa berprestasi di Kota Malang dengan persentase 71% sementara whorl dan arch masing-masing 26% dan 3%.
Berdasarkan penelitian itu, Ekaputri Z menyimpulkan bahwa bentuk sidik jari secara umum ada kaitannya pada siswa yang berprestasi. Karena siswa berprestasi identik dengan sifat sangat patuh dan peka terhadap orang lain, suka belajar dengan menyalin atau meniru, mudah dipengaruhi oleh lingkungan, cepat akrab dengan orang lain, ramah, kooperatif, cenderung mengikuti sistem, pola pemikiran yang terbalik, model pemikiran yang tidak umum, menggunakan salah satu kepentingan sebagai pedoman ketika melakukan pekerjaan (bukan semata-mata logis atau alasan praktis), sangat setia kepada teman, cara mengekspresikan diri lebih unik, dan sulit mengungkapkan cinta dalam hatinya. Disimpulkan pula bahwa sidik jari tiap-tiap orang berbeda. Sehingga dapat digunakan sebagai metode pengidentifikasian yang akurat.

Tentang taoefiq27

I'm only usual man
Pos ini dipublikasikan di Laporan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s